Sabtu, 23 September 2017

Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak

Definisi Software

Software atau Perangkat lunak pada dasar-nya adalah program aplikasi yang ada pada komputer yang dapat membantu melakukan pekerjaan manusia terkait pengolah sistem informasi maupun melakukan aktivitas di dalam sistem komputer , di dalam software terdapat beberapa bentuk atau desain yang dapat memudahkan software tersebut dapat digunakan dengan mudah.

Sifat - sifat dari software sebagai berikut :
  • software dapat dilihat tetapi tidak dapat disentuh karena hanya bersifat logika sistem
  • software dikembangkan oleh developer menggunakan system software seperti visual basic dan bukan di buat di pabrik yang menggunakan mesin - mesin layaknya hardware
  • software tidak bisa aus (ex:usia yang tua) tapi bisa rusak (error karena virus atau sistem software tersebut di ubah)
Tipe - tipe Software :
  • Sistem Software : Program yang dirancang untuk menunjang program lainnya. contoh seperti windows , visual basic , pengendali hardware (driver).
  • Aplication Software : Program yang dirancang melaui sistem software dan khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis. contoh seperti : Point of sale transaction processing, real time manufacturing process control.
  • Engineering and sciencetific software : Software ini banyak digunakan dalam bidang engineering dan science. Contoh CAD ( Computer Aided Design), simulasi sistem
  • Emebedded Software : software ini dirancang khusus dan di tanam pada sebuah hardware yang berfungsi untuk mengontrol produk dan fungsi nya terbatas, contoh : fungsi digital untuk mengontrol bahan bakar mobil , dashboard dll.
  • Product Line Software : Software dirancang dan biasanya software ini bisa di gunakan oleh banyak user yang berbeda tergantung pada fungsinya contoh : multimedia (edit audio/vidio) , manajemen basis data , game , aplikasi keuangan dll.
  • Web Aplication : Software ini bisa dijalankan online maupun offline tergantung keperluan user , software ini menyajikan text , grapik dan juga terintegrasi dengan database perusahaan contoh : url: bukalapak.com , google.com , mediafire.com dll.
  • Articifial Intellegence Software : banyak menggunakan algoritma non numerik dalam memecahkan masalah kompleks yang tidak dapat dianalisis dengan komputasi biasa. contoh : pengenalan citra dan suara, pembuktian teorema jaringan saraf, dan game (pokemon go).
Software dapat dikatakan bagus apabila sebagai berikut : 
  1. Maintainability : Software dapat terus di rawat / dipelihara dalam artian software ini dapat dengan mudah di evaluasi / diperbaiki sesuai kebutuhan konsumen.
  2. Dependability : Software dapat dipercaya (mampu diandalkan dan mengikuti perkembangan zaman) secara garis besar ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya : relibility(kecenderungan sistem gagal dalam melaksanakan perintah) , security(menangkal ancaman dariluar sistem) dan safety(kemampuan berjalan secara normal tanpa resiko pengguna).
  3. Efficiency : Software tidak menggunakan sistem yang berulang - ulang yang menyebabkan pemborosan pada siklus penyimpanan dan prosesor.
  4. Acceptability : Software dapat dengan mudah digunakan user dan dipakai pada sistem yang berbeda.
Terima kasih.
Share this ! :
Share on FB Tweet Share on G+

Excellentz

Blog ini hanyalah tempat sampah dari isi otak saya

1 komentar:

 

Copyright @ 2014 ONE EDITOR.

Designed by | Excellentz